Sunday 18 August 2013

Monito Del Monte (Monyet Gunung Kecil)

Monito del monte/monyet gunung kecil merupakan monyet berukuran kecil yang tinggal di Amerika Selatan (Chile dan Argentina). Hewan ini merupakan hewan nokturnal dan arboreal. Mereka hidup di semak-semak bambu Chili di hutan hujan beriklim Valdivian dari Andes selatan. Ekornya dapat memegang ranting-ranting pohon.

Hewan ini memakan serangga, invertebrata kecil lainnya, dan buah. Panjang tubuhnya adalah 11-12,5 cm. Panjang ekor 9-10 cm.

Mereka membuat sarang seperti bola dari daun yang tahan air di atas pohon. Daun ini kemudian dilapisi dengan lumut atau rumput, dan ditempatkan di daerah-daerah terlindung. Sarang kadang-kadang ditutupi dengan abu-abu lumut berbentuk kamuflase, serta dilengkapi dengan beberapa perlindungan dari dingin, baik saat aktif atau ketika hibernates. Mereka biasanya menyimpan lemak di pangkal ekornya untuk hibernasi musim dingin.

Diduga nenek moyang mereka dari Australia. Mereka berimigrasi di dua benua yang terhubung melalui Antartika pada awal Kenozoikum. Hewan seperti tikus primitif yang hidup sekitar 55 juta tahun yang lalu.

Monito del monte biasanya bereproduksi pada musim semi. Jenis betina memiliki pseudovagina, dan kantong bulu berlapis. Anak monito del monte dewasa tetap bersama ibu setelah penyapihan. Usia kematangan seksual mereka setelah usia 2 tahun.


No comments:

Post a Comment

Visitors