Saturday 17 August 2013

Chinchillas Yang Imut

Chinchillas adalah hewan peliharaan, badannya menyerupai tupai tanah tetapi lebih kuat dan besar, bertelinga besar, memiliki bulu yang lembut dan tebal. Rambutnya dianggap rambut terhalus di dunia dan tiga puluh kali lebih halus dari rambut manusia. Kepadatan rambutnya merupakan yang tertinggi di antara hewan darat dengan 20.000 rambut per sentimeter persegi. Parasit kulit (seperti kutu) tidak dapat hidup karena akan mati tercekik. Jika rambut manusia tumbuh dari tiap folikel, seekor chinchilla dapat memiliki 50 rambut dari satu folikel.

Hewan yang arti harfiah namanya adalah "Chincha kecil" ini diberi nama dari suku Chincha dari Andes yang mengenakan kulit rambut hewan ini sebagai pakaian. Ukuran panjang badan Chinchillas berkisar antara 10-14 inch. Ekornya sendiri memiliki panjang 5-6 inch. Hewan pengerat asal Amerika Selatan ini merupakan hewan nocturnal. Usianya berkisar antara 15 tahun, akan tetapi tidak jarang yang dapat bertahan hidup 18-22 tahun.

Chinchilla adalah hewan berkelompok, tidak suka hidup sendirian. Hewan ini tidak dapat hidup di daerah yang cukup panas, mungkin karena bulunya yang tebal. Mereka dapat bertahan hidup dalam temperature/udara dingin dan nyaman(tidak berisik). Namun aliran angina sangat berbahaya bagi mereka.

Chinchilla adalah pemakan tumbuhan. Mereka membutuhkan diet pada makanan yang mengandung banyak serat dan protein untuk menjaga tubuh agar tidak cepat lembab dan kegemukan. Makanan yang membuat cepat gemuk dapat membuat Chinchilla sakit pada hati. Sayuran yang terlalu banyak dapat membuat mereka sakit perut atau kembung/kegemukan. Diet tidak cukup serat dapat membuat Chinchilla malas bergerak. Disarankan agar Chinchilla sering berolahraga (minimal sehari sekali).

Makanan Chinchilla dapat dibeli pada petshop. Jenis pellet adalah yang terbaik, namun mereka mambutuhkan tambahan rerumputan yang bagus atau hay. Berikan dengan menggunakan rak kecil dan gantilah setiap harinya dengan yang baru. Pellet yang diberikan harus ditakar sekitar satu sendok makan setiap harinya untuk Chinchilla yang sehat dan dewasa. Sediakan minum air masak. Chinchilla dapat diberi makan sekali atau dua kali sehari.

Chinchilla membutuhkan kandang yang cukup luas dan leluasa untuk dapat bergerak dengan bebas. Mereka harus secara rutin dimandikan dengan debu vulkanik untuk membuang minyak dan tetesan air yang mengumpul di rambut tebal mereka. Minimum ukuran kandang untuk sepasang Chinchilla adalah kira kira 1m x 1,5m untuk dasar kandangnya, 1,3m untuk tinggi kandang, dengan disertai papan/tingkatan.

Robekan kertas sebagai bedding/alas jauh lebih baik daripada serbuk kayu atau serutan kayu untuk dasar kandang karena tidak membuat bulu Chinchilla yang tebal tersangkut.

Sediakan sekotak pasir halus untuk Chinchilla mandi/membersihkan bulu nya. Jangan pernah mengunakan pasir pantai atau pasir bangunan, pasir tersebut terlalu kasar dan dapat mengakibatkan luka pada kulit serta bulu Chinchilla. Tinggi pasir kira-kira 10 cm. Chinchilla biasanya mandi sehari sekali dan sekitar 20 menit. Jika cepat meninggalkan bak mandinya, mungkin pasir tersebut sudah terlalu berminyak ,karena Chinchilla tidak menyukainya. Ganti pasir tersebut sekali seminggu.

Chinchilla membutuhkan tempat tidur yang tertutup. Mainan yang disenangi adalah kotak kardus/karton untuk mereka gigit.

Perdagangan internasional chinchilla telah dimulai sejak 1500-an. Pada akhir abad ke-19, chinchilla telah menjadi hewan langka.


No comments:

Post a Comment

Visitors